Ticket 2 Ride

on 11.37



ini gw dapet nyolong lagi informasi dari grup di facebook. (duch maaf ya gan. Piiss!!)kayaknya facebooker yang satu ini hatam banget ama game ini. biar sopan gw cantumin juga alamat web-nya www.hobbiesncollection.com



Board game yang satu ini ceritanya membangun jaringan kereta api. Kita harus berusaha untuk menghubungkan kota-kota yang ada.

Permainan ini ada beberapa macam, namun masih satu seri Ticket to Ride. Selain dari seri Marklin ini, masih ada juga seri-seri lainnya, masing-masing dengan tempat dan peta yang berbeda-beda, malahan seri Marklin ini adalah seri pengembangan yang entah ke berapa. Sebagai contoh, seri Marklin dengan setting Jerman, seri yang pertama kali yaitu Ticket To Ride dengan setting Amerika, seri Europe tentu dengan setting negara-negara di Eropa, ada juga seri Nordic Countries yang tentu saja settingnya sesuai dengan judulnya tersebut. Namun selain board game, baru-baru ini publishernya juga mengeluarkan card game, dengan judul Ticket to Ride : The Card Game. Dan yang paling baru adalah Ticket to Ride : The Dice Expansion.


Setiap seri Ticket to Ride meskipun memiliki tema yang sama tetapi masing-masing tetap diberi tambahan tersendiri sehingga masing-masing seri memiliki kelebihan sendiri-sendiri dengan peraturan dasar yang serupa. Pada seri Marklin ini peraturan tambahan adalah dengan adanya Penumpang. Dimana penumpang dapat berjalan pada rute-rute yang sudah ada dan mengambil merchandise di kota mana yang dilewatinya, yang kemudian merchandise tersebut akan menambah poin dari pemain bersangkutan.

Komponen

1 peta Jerman dengan rute-rute kereta api

240 gerbong kereta dari plastik

165 kartu bergambar

5 penanda nilai

74 token merchandise

1 bonus tile

15 penumpang dari plastik

1 buku peraturan

Tujuan Permainan adalah untuk mendapatkan total poin terbanyak, dimana poin dapat diperoleh dengan cara :

1. Membangun sebuah rute antara dua buah kota.

2. Membangun jaringan kereta api diantara dua kota seperti tertulis dalam tiket tujuan yang dimiliki.

3. Menggerakkan penumpang dan mengambil merchandise yang tersedia.

4. Menyelesaian tiket tujuan terbanyak.

Putaran Permainan

Permainan diawali oleh pemain yang memiliki koleksi kereta Marklin yang terbaik atau pemain termuda dan berjalan searah dengan jarum jam. Pada tiap gilirannya, pemain mempunyai 4 (empat ) pilihan :

1. Mengambil kartu : pemain dapat mengambil 2 (dua) kartu, boleh dari kartu yang sudah terbuka atau dari tumpukan kartu yang masih tertutup. Apabila seorang pemain mengambil kartu lokomotif dari kartu-kartu yang sudah terbuka, maka ia hanya dapat mengambil satu buah kartu saja (hal ini tidak berlaku untuk kartu lokomotif +4).

Setiap kali seorang pemain telah mengambil sebuah kartu dari kartu-kartu yang sudah terbuka, maka pemain tersebut langsung membuka sebuah kartu dari tumpukan untuk menggantikan kartu yang telah diambil tersebut. Jika pada suatu saat tiga dari kelima kartu yang terbuka adalah kartu lokomotif atau kartu penumpang, maka kelima kartu tersebut dibuang dan diambil lima kartu baru sebagai penggantinya.

2. Membangun rute : pemain membangun dengan cara memainkan sejumlah kartu kereta yang sesuai dengan warna dan jumlah kotak pada rute tersebut. Kartu lokomotif dapat digunakan untuk menggantikan sembarang warna yang diperlukan oleh seorang pemain. Tetapi kartu lokomotif +4 hanya dapat digunakan jika pemain membangun rute yang mempunyai kotak lebih dari 4.

Setelah memainkan sejumlah kartu, pemain meletakkan gerbong keretanya pada kotak yang telah disediakan, masing-masing satu. Beberapa rute menggunakan warna abu-abu dimana hal ini berarti pemain dapat menggunakan warna apa saja untuk membangun rute tersebut.

Beberapa kota dihubungkan dengan lebih dari satu rute, dimana pemain dapat memilih rute yang diinginkannya, tetapi hanya dapat membangun salah satu dari rute tersebut.

Pada saat membangun rute, pemain dapat meletakkan satu dari Penumpangnya di salah satu kota pada rute yang sedang dibangunnya. Hanya satu Penumpang yang diperbolehkan pada satu kota.

Setelah membangun rute, kemudian para pemain segera mencatat poin yang diperolehnya pada tangga pencatat poin.

3. Mengambil tiket tujuan : pemain mengambil 4 (empat) tiket tujuan dari tumpukan paling atas dan kemudian memilih paling tidak satu dari antaranya. Tiket tujuan yang tidak diinginkan dikembalikan pada tumpukan paling bawah. Jika hanya tersedia kurang dari 4 tiket, maka pemain mengambil apa yang dapat diambilnya.

4. Menggerakkan penumpang : pemain dapat menggerakkan satu dari Penumpangnya yang telah berada pada papan permainan. Penumpang harus bergerak dari kota dimana ia berada melalui rute-rute yang bersambung, mengambil satu merchandise pada tiap kota yang dilaluinya, hingga akhir dari rute tersebut. Setelah sampai pada akhir rute, Penumpang tersebut dikeluarkan dari permainan. Apabila Penumpang melewati rute yang bukan milik dari pemain tersebut, maka digunakan satu kartu Penumpang untuk setiap rute agar Penumpang tersebut dapat melalui rute tersebut dan mengambil merchandise yang tersedia.

Setelah sampai pada akhir rute, pemain segera mencatatkan poin yang didapatkannya dari merchandise-merchandise yang diambilnya.

Akhir Permainan

Permainan berakhir bila gerbong kereta salah satu pemain habis atau tersisa 1 atau 2 buah, pada saat tersebut para pemain mendapatkan giliran terakhirnya. Para pemain kemudian menghitung total poin yang didapatkannya.

Pada saat ini seharusnya pemain telah mendapatkan poin akhir dari setiap rute dan merchandise yang dimilikinya. Kemudian tiket tujuan dijumlahkan (atau dikurangkan ) pada nilai tersebut, berdasarkan dari sukses atau tidaknya membangun jaringan diantara dua kota yang tercantum pada tiket tersebut. Pemain yang memiliki tiket tujuan terbanyak mendapatkan tambahan 10 poin. Jika terjadi seri maka pemain yang seri masing-masing mendapatkan tambahan 10 poin.

Pemain dengan poin terbanyak yang memenangkan permainan ini. Jika seri maka pemain dengan tiket tujuan terbanyak yang menang. Jika masih terjadi seri, maka pemain dengan jumlah poin merchandise terbanyak yang menang.

gimana cing lumayan kan...jadi klo punya impian jadi tukang bangunan ,eh maksud gw arsitek,ato teknik sipil boleh dilatih dulu cing pake game ini...

Semua gambar courtesy dari BoardGameGeek.

1 komentar:

ina mengatakan...

kunjungan balasan,...
makasih kunjungannya :D

Posting Komentar