Permainan anak2 - "Jibeh"

on 09.55

Waktu gw kecil gw sering banget maen permainan ini. namanya Jibeh. sebenernya itu singkatan dari jadi Hiji jadi Kabeh (dlm bahasa sunda)yang artinya jadi satu jadi semua

Permainan ini mirip polisi maling, tapi karena yang maen orang sunda jadi dinamain agak susundaan kituu.hehehe


gampang banget maennya. yang jadi ucing harus diundi terlebih dahulu (peserta = tak terbatas, lebih banyak lebih bagus + lebih lama + lebih capeeek). setelah diundi (terserah mau lewat hopimpa ato suit) si ucing harus menghitung dan peserta yang lainnya mulai kocar-kacir lari menjauhi si ucing. disini peserta akan merasakan sebuah pelarian yang hebat bagai seorang teroris yang harus pandai bersembunyi dan lari sekuat tenaga. tempat yang asik untuk memainkan permainan ini adalah tempat yang punya jalan berliku dan bercabang, sehingga peserta bisa memiliki tempat bersembunyi dan bisa melakukan kamuflase. peserta akan merasakan ketegangan yang sangat nyata apalagi jika peserta itu adalah yang terakhir.

kenapa bisa begitu?

sesuai dengan namanya "jadi satu jadi semua". maka jika ada 1 peserta yang berhasil ke tangkap ucing, maka peserta tersebut juga jadi ucing artinya sekarang permainan mulai ada 2 ucing. dan bayangkan jika anda satu-satunya peserta yang belum tertangkap. pasti anda akan seperti seorang teroris yang dikejar-kejar puluhan batalyon dari darat, laut dan udara (alah lebai euy gw.wkwkwk)

kenapa saya bisa bicara seperti itu karena saya sering menjadi yang terakhir dalam permainan ini (mungkin karena gw punya tempat persembunyian yang safety banget.hehehe) tapi setelah tempat persembunyian gw kebongkar, gw langsung terbirit2 kabur layaknya noordin m top. gw orang yang pantang menyerah klo lagi maen ampe2 gw pernah sembunyi di sungai alias nyelam di air. tapi pada akhirnya gw nyerah juga karena capeek banget.

ronde kedua ucing tidak lagi ditentukan dengan hopimpa melainkan orang yang berhasil ditangkap pertama kali pada ronde pertama. jadi awal-awal permainan itu pasti sangat menegangkan karena tidak ada orang yang mau jadi ucing pada ronde berikutnya.

Nama permainan : jibeh
Peserta : 5 - tak terbatas
waktu : sampai selesai
tempat : outdoor

0 komentar:

Posting Komentar